HONDA BRIO 2018 SANGAT BERBEDA, INI PENJELASAN TIM R & D

Honda meluncurkan Brio generasi kedua secara global di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

BeritaHONDA BRIO 2018 SANGAT BERBEDA, INI PENJELASAN TIM R & D
HONDA BRIO 2018 SANGAT BERBEDA, INI PENJELASAN TIM R & D

HONDA BRIO 2018 SANGAT BERBEDA, INI PENJELASAN TIM R & D

Honda meluncurkan Brio generasi kedua secara global di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Perbedaannya cukup signifikan jika dilihat dari luar. Dimensi bertambah panjang dan desain buritan yang menyerupai city car lainnya.

Terlihat perubahan Honda Brio terbaru cukup sederhana. Namun di balik itu semua, ternyata Honda melakukan ubahan besar pada mobil ini. Kali ini kami sedang mengujinya di Bali 17-19 Oktober 2018. Kebetulan di kesempatan ini, Honda mendatangkan tim Honda R&D Asia Pacific yang merancang ulang mobil ini. Berikut perubahannya:

1. Sensasi Performa Baru

Honda Brio 2018 masih menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya, 4-silinder 1,2 liter i-VTEC. Figur performanya pun tak berubah, tenaga yang dihasilkan 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Lalu apa perbedaannya? Karena memiliki dimensi yang lebih panjang, bobot Brio bertambah 20 kg. Agar performanya tetap sebaik Brio sebelumnya, Honda melakukan penyesuaian pada ECU (Electronic Control Unit). Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh Yasuhiro kumai, Chief Engineer Assitance Project Leader, Honda R&D Asia Pacific.

Pernyataan ini disempurnakan oleh Tsutomo Harano, Chief Engineer Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific. Ia mengatakan, “kami juga menyesuaikan karakter mesinnya menjadi lebih nyaman digunakan oleh konsumennya yang kebanyakan baru pertama kali memiliki mobil.”

Mungkin maksud Harano, tambahan bobot membuat mesin bekerja lebih berat. Saat kami mengujinya, tak dipungkiri memang terasa perbedaannya. Terutama di tanjakan, penyaluran tenaganya tak secepat dulu. Tapi sedikit saja, karena memang performa mesinnya masih yang terbaik di kelasnya walaupun karakter mesinnya sekarang dibuat lebih tenang.

2. Kabin Lebih Senyap

Saat berkendara di dalam kabin Brio, kami merasa kabinnya juga terasa lebih tenang dari sebelumnya. Pertama dari kekedapan kabin. Tapi ternyata Honda tak menambahkan peredam tambahan.

“Kami menyusun ulang layout pipa saluran pembuangan (knalpot) agar suaranya tak lagi mengganggu penumpang belakang,” kata Chittrawan muangwong, engineer NVH project leader, Honda R&D Asia Pacific. Gadis cantik asal Thailand itu, juga mengatakan struktur rangkanya dipertebal di beberapa bagian untuk mengurangi getaran yang masuk ke dalam kabin. Pantas saja interior Brio sekarang terasa jadi lebih nyaman.

3. Manuver Menjanjikan

Lalu apalagi yang Honda perbuat pada Brio baru? Mereka merevisi bagian kaki-kaki. Kalau ini sih kami menyadarinya sejak awal. Pasalnya, stabilitas mobil di kecepatan tinggi jauh meningkat dari sebelumnya, terutana ketika menikung. Penunjangnya ternyata racikan baru pada kaki-kaki Honda Brio.

Panupong khamwongpin, Assistance Senior Engineer Chassis Project, Honda R&D Asia Pacific mengatakan, “setelan suspensi seluruhnya kami atur ulang, baik untuk roda depan dan belakang.”

Kami rasakan memang bantingan suspensinya sekarang jadi sedikit lebih keras dari sebelumnya. Ini yang membuat stabilitasnya jadi lebih baik. Meski konsekuensinya, kenyamanan penumpang jadi sedikit berkurang saat melewati permukaan jalan yang kurang mulus.

Tapi ada satu hal menarik lainnya yang ia sebutkan. Ternyata setelan suspensi untuk Brio Satya dan Brio RS dibedakan. “Brio Satya memakai ban yang berbeda, makanya setelan suspensinya pun kami buat sedikit lebih nyaman. Sementara Brio RS berbeda untuk menjaga karater sportnya”, lanjutnya.

Tapi tak usah khawatir, Ia meyakinkan konsumen Brio Satya dan RS komponen suspensinya sama secara umum, hanya berbeda karakter kekerasannya saja.

Sumber : www.oto.com

related posts

HONDA BRIO, MOBILIO DAN HR-V KONTRIBUSI TERBESAR UNTUK PENJUALAN HONDA DI SEMESTER PERTAMA 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) menutup semester pertama di tahun 2018 dengan mencatat penjualan total sebanyak 76.694 unit mobil. Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda selama 6 bulan tersebut datang dari Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio. Honda Brio Satya merupakan model dengan penjualan tertinggi untuk Honda di paruh pertama tahun ini, dengan total sebesar […]

Read more
EMPAT BULAN BERTURUT-TURUT, HONDA JAZZ PIMPIN PASAR HATCHBACK

Selama empat bulan berturut-turut dari Januari hingga April 2018, Honda Jazz terus menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 34%. Pada periode tersebut, Honda Jazz telah mengumpulkan penjualan sebanyak 4.176 unit. Masih di segmen yang sama, Honda Civic Hatchback mengumpulkan penjualan 1.095 unit selama Januari – April 2018 dengan pangsa pasar 9%. […]

Read more

STATISTIK PENGUNJUNG